susu uht full cream

Inilah Dia Berbagai Kelebihan Susu Uht Full Cream

Proses UHT atau Ultra High Temperature merupakan salah satu metode modern yang efektif untuk mempasteurisasi susu. Dengan kata lain, susu UHT full cream adalah susu yang diproses melalui suhu yang sangat tinggi.

Pada proses pasteurisasi tersebut, susu akan dipanaskan dengan sistem continuous flow pada suhu sekitar 135-150 derajat celcius selama 1 sampai 8 detik sebelum dikemas dalam wadah yang sudah disterilkan.

Pasteurisasi sendiri bertujuan untuk  membunuh bakteri atau mikroorganisme berbahaya yang ada dalam susu tanpa menghilangkan kandungan nutrisinya.

Dengan teknologi tersebut, susu UHT full cream memiliki berbagai kelebihan seperti diantaranya:

  1. Tahan lama

Adapun salah satu kelebihan susu UHT full cream yang pertama yaitu umur simpannya yang lebih tahan lama dibanding dengan susu jenis lainnya.

Hal tersebut karena setelah susu diproses melalui UHT, susu dikemas ke dalam wadah kedap udara di lingkungan yang steril. Kombinasi kemasan yang kedap udara dan proses UHT tersebutlah yang membuat susu UHT memiliki umur simpan yang lebih lama, meski tanpa menggunakan bahan pengawet sekalipun. Bahkan, umur simpan susu UHT mampu bertahan antara 6 hingga 9 bulan, lho!

  1. Bernutrisi tinggi

Karena proses pemanasannya dilakukan dengan waktu yang singkat, hal tersebut hanya membunuh bakteri saja. Susu UHT tetap mengandung nutrisi penting mulai dari protein, karbohidrat, kalsium, seng, kalium, fosfor, magnesium, riboflavin, vitamin A dan vitamin B12.

Bahkan proses UHT tersebut juga memungkinkan jenis susu yang satu ini memiliki jumlah mikroorganisme dan enzim yang rendah, bahkan hingga nol.

  1. Kemasan yang lebih aman

Kelebihan lain yang dimiliki susu UHT yaitu kemasannya. Ya, susu UHT full cream hadir dalam kemasan aseptik 6 lapis yang unik sehingga mampu mencegah susu terkontaminasi bakteri yang berbahaya.

Bahkan dalam proses pengemasannya, produk dan kemasan disterilkan secara terpisah sehingga akan lebih aman dikonsumsi atau pun disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dari sekian banyaknya susu UHT Full Cream yang ada di pasaran, Greenfields UHT Full Cream dengan rasa yang yang segar namun tetap ringan dan tidak bikin ‘enek’. 

Kandungan lemaknya utuh yakni sekitar 3.5% seperti pada kandungan susu segar tanpa pengurangan/penambahan apapun bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *